FAKULTAS EKONOMI BISNIS DARI INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB) MELAKUKAN KUNJUNGAN KE KBRI BANGKOK

Pada hari Senin, 24 Februari 2020, Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok menerima kunjungan dari Fakultas Ekonomi Bisnis Program Magister Managemen dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Kunjungan tersebut dihadiri oleh 11 orang termasuk salah satunya adalah Dr. Ir. Ma’mun Sarma. MS, M.Ec selaku dosen FEB-IPB. Kunjungan disambut dengan baik oleh Bapak Prof. Dr. Mustari, M.Pd dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok. Adapun maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana kehidupan dan pendidikan di Thailand.

Acara tersebut diawali dengan perkenalan dari setiap peserta rombongan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Dr. Ir. Ma’mun Sarma. MS, M.Ec dan menjelaskan seputar program Magister Manajemen Pembangunan Daerah di IPB.

Selanjutnya, Atdikbud menjelaskan mengenai Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok mulai dari struktur organisasi, lingkungan KBRI yang luas dan fungsi-fungsi yang ada di KBRI Bangkok seperti Fungsi Ekonomi, Fungsi Penerangan Sosial Budaya, Fungsi Keuangan, Fungsi Komunikasi, Fungsi Protokol dan Konsuler serta menjelaskan mengenai tugas dan fungsi Atase yang ditugaskan berbagai kementerian contohnya Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Atase Imigrasi, dan Atase Pertahanan. Terkait yang sedang menjadi isu wabah Covid-19 dipaparkan pula bagaimana perubahan keadaan Thailand saat ini setelah terjadi virus corona yang telah memasuki negara Thailand, bahwa Thailand yang merupakan negara pariwisata, virus Covid-19 ini benar-benar menghantam perekonomian Thailand. Salah satu contoh yang terlihat atas dampak tersebut adalah menurunnya jumlah penumpang pesawat yang masuk di bandara-bandara Thailand.

Selanjutnya disampaikan tentang mengenai hubungan diplomatik yang sudah berjalan selama 70 tahun dan hubungan sejarah antara Indonesia dengan Thailand yang sudah terjalin ratusan tahun lamanya. Dilanjutkan dengan diskusi tentang sistem pendidikan antara Indonesia dengan Thailand dan bagaimana faktor keamanan dan kenyamanan, hospitality dan budaya-budaya di Thailand plus sekilas membahas mengenai sistem ekonomi daerah dan politik di Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *