Siswa SIB Berhasil Meraih Medali Perunggu di Lomba International Math Challenge IX

Hari Jumat, 21 Februari 2020 menjadi salah satu hari yang tak terlupakan bagi tim SIBers (siswa Sekolah Indonesia Bangkok) dalam perhelatan lomba International Math Challenge IX yang diselenggarakan oleh Rangsit University. Pasalnya, dua dari tiga siswa SIB mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan medali perunggu. Mereka adalah Ignatius Kenjiro Petrian Chandradjaja dari kelas XI dan Daffa Wiratanu Akmal dari kelas X.

Bertempat di Pan Asia International School, lomba International Math Challenge IX diikuti oleh 1346 orang peserta yang berasal dari 68 sekolah di 17 negara dan benua yang berbeda. Penyelenggaraan lomba International Math Challenge IX  bersamaan dengan kompetisi bertema robotik, International Robot Challenge III di tempat yang sama hanya berbeda waktunya. Terdapat 4 kategori yang dilombakan yakni kategori 1 untuk siswa kelas 4-5 SD atau yang setara, kategori 2 untuk siswa kelas 6-7 atau yang setara, kategori 3 untuk siswa kelas 8-9 atau yang setara, dan kategori 4 untuk kelas 10-11 atau yang setara. Kategori yang dipilih tim SIB untuk mengikuti lomba ini adalah kategori 4. Materi lomba ini diambil dari pelajaran matematika di sekolah dan ada pula materi yang diambil dari materi tingkat awal di universitas. Untuk persiapan, pembinaan dilakukan selama dua hari full, yakni satu hari sebelum online exam dan satu hari sebelum International First Round.

Untuk menjadi juara dalam lomba International Math Challenge IX  ini, tim SIB harus melalui 3 tahap, yaitu Thailand Round (Online Exam), International First Round (Paper Based Test), dan terakhir adalah International Final Round (Stage Competition). Tahap online exam dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2020, siswa SIB berhasil lolos dan mendapatkan 1 predikat silver dan 2 predikat bronze. Selanjutnya adalah tahap paper based test yang dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2020, siswa SIB berhasil mendapatkan dua medali perunggu, tetapi sayangnya tim SIB tidak dapat melanjutkan ke tahap final round karena rata-rata skor yang lebih rendah dari tim lainnya. Hanya 4 tim yang terbaik dari masing-masing kategori yang berhak berlaga di final round yang berlangsung sehari setelahnya dan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan hadiah. 

Tim SIB bersyukur dengan perolehan yang membanggakan ini. Ucapan dan rasa terima kasih yang sebesarnya kepada komite sekolah yang telah memberikan dukungan baik materiil maupun non-materiil, juga kepada Bapak Prof. Dr. Mustari, M.Pd. selaku atase pendidikan dan kebudayaan KBRI Bangkok yang telah memberikan apresiasi dan dukungan kepada tim SIB. Semoga keberhasilan kali ini dapat memberikan manfaat bagi para siswa dan juga memotivasi siswa yang lainnya untuk senantiasa berprestasi melalui kompetisi yang sehat dan bersih. (AI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *