MUBES PERMITHA 2020 : SEMANGAT STUDI DITENGAH ANCAMAN VIRUS CORONA DI THAILAND

Musyawarah Besar Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Mubes-Permitha) Tahun 2020 pada hari Minggu, tanggal 1 Maret 2020 dibuka oleh Duta Besar KBRI Bangkok, Yang Mulia Bapak Ahmad Rusdi di Aula Serba Guna KBRI Bangkok. Acara dihadiri oleh beberapa Atase Teknis (Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Atase  Pertahanan, Atase Riset), perwakilan dari Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya, Fungsi Protokol Konsuler, Diaspora Thailand, Guru Sekolah Indonesia Bangkok, dan anggota Permitha dari berbagai simpul di Bangkok dan sekitarnya. 

Agenda utama Mubes Permitha 2020 adalah penyampaian pertanggungjawaban kepengurusan Permitha periode 2019-2020 dan pemilihan kepengurusan Permitha baru untuk periode 2020-2021. Di samping agenda utama tersebut, ada rangkaian agenda yg lain, antara lain paparan laporan pertanggungjawaban Presiden dan Pengurus Permitha tahun 2020 yang disampaikan oleh James Reinaldo selalu Presiden periode 2019/2020. Laporan diterima dengan catatan oleh seluruh peserta Mubes.

Sejalan dengan visi dan misi Permitha, pada sambutan pembukaan, Duta Besar KBRI Bangkok, Bapak Ahmad Rusdi, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan kemitraan yang baik antara Permitha dengan KBRI Bangkok. Permitha telah banyak mendukung kegiatan dan langkah-langkah maju KBRI Bangkok dalam menjalankan tugas dan fungsi diplomasi negara. Hal ini agar dapat terus dijaga dan ditingkatkan. Apalagi pada 2020 ini, dalam rangka 70 tahun hubungan diplomasi Indonesia – Thailand, KBRI Bangkok akan melaksanakan rangkaian kegiatan yang mencakup banyak aspek. Untuk itu perlu dukungan Permitha dalam menyukseskan agenda tersebut. Selain itu, Dubes Ahmad Rusdi juga merasa bangga dengan terpilihnya Presiden Permitha yg lalu sebagai Ketua Umum PPI Dunia.

Berkaitan dengan wabah virus corona yg mendunia, Dubes Ahmad Rusdi menyampaikan bahwa seluruh anggota Permitha agar selalu waspada dalam melindungi diri dengan menghindari tempat-teman keramaian yg beresiko penularan virus corona, selalu waspada dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga kebersihan badan, serta selalu berkomunikasi dengan teman atau KBRI dalam berkegiatan. 

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, selaku Pembina  Permitha menyampaikan motivasi agar kemitraan Permitha dengan KBRI Bangkok yang telah berjalan dengan baik, terus ditingkatkan sebagai sarana belajar berorganisasi dan mengasah peran sebagai generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter positif.

Tepat pukul 17.20 Mubes menetapkan Ade Danova sebagai Presiden Permitha 2020/2021 melalui mekanisme musyawarah mufakat. Ade merupakan putera Majalengka Jawa Barat, alumni S1 Universitas Mulawarman dan S2 IPB Bogor dan saat ini sebagai mahasiswa Program Doktor Ilmu Kimia di Chulalongkorn University. Mubes ditutup secara resmi oleh Presidium Mubes setelah mendengarkan pernyataan singkat Ade selaku Presiden Terpilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *