Rapat Koordinasi Atdikbud dengan Satker Kemdikbud mengenai Perkembangan Penanganan Keuangan

Pada hari Jumat, tanggal 15 Mei 2020 diselenggarakan rapat koordinasi teknis penyesuaian pencatatan transaksi keuangan oleh Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemdikbud, yang dihadiri oleh Kasubag Verifikasi Wilayah I Asia dan Kepala Biro Keuangan Kemenlu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan dan BP KRT Perwakilan RI di Luar Negeri. Rapat berlangsung selama hampir 3 jam, yang dibuka oleh Ibu Efrini, yang menjelaskan tentang perubahan kode program dari pada sistem pengelolaan keuangan, dilanjutkan dengan penjelasan dari Pak Wahono dan Bu Farida, dari Kemenlu, disusul tanya jawab dari peserta rapat.

Pada sesi tanya jawab, Atdikbud KBRI Bangkok, Prof. Dr.Mustari Mustafa, M. Pd. menanyakan  apakah di kemudian hari perbedaan kode yg dibiarkan untuk sementara waktu itu tidak berdampak atau berpotensi masalah kemudian dan kapan honorarium April dan Mei ditransfer. Walaupun pada awal sesi dijelaskan bahwa perubahan ini tidak akan menimbulkan masalah, beberapa atdikbud dan BP KRT menyampaikan adanya kendala dan permasalahan-permasalahan yang timbul dengan perubahan kode tesebut. Di akhir rapat disepakati bahwa adanya perbedaan kode mata anggaran akibat perpindahan pengelolaan keuangan di kemdikbud akan di rapikan akhir tahun dengan adanya surat dari Kemdikbud ke BPK dan Kemenlu, yang akan diteruskan ke perwakilan-perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Khusus honorarium guru yang hingga saat ini belum ditransfer, Atdikbud mengharapkan kiranya segera ditransfer mengingat kebutuhan guru-guru kita. Sehubungan dengan hal tersebut, Ibu Efrini menyampaikan bahwa perubahan kode transaksi ini tidak akan mempengaruhi proses pembayaran gaji guru SILN yang sedang diproses di KPPN, yang diharapkan dalam waktu dekat akan segera cair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *