Semarak Peringatan Hari Kebangkitan Nasional SIB 2020

Pada hari Rabu, 20 Mei 2020 SIB mengadakan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Peringatan HARKITNAS SIB 2020 diselenggarakan secara daring dan diikuti oleh para guru dan siswa. Tujuan diadakan acara ini adalah sebagai pengingat kepada para siswa bahwa di tengah penderitaan akan penjajahan, bangsa Indonesia mampu bangkit dan melawan. Oleh sebab itu, pandemi yang sedang terjadi bukanlah penghalang untuk tetap belajar dan berprestasi. Peringatan HARKITNAS SIB 2020 ini terdiri dari dua agenda utama yaitu upacara HARKITNAS SIB 2020 dan kuis berhadiah untuk para siswa.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 11.00 waktu Bangkok dengan pembukaan dan sambutan Atase Pendidikan dan Kebudayaan ketangkap Plt. Kepala Sekolah, Prof. Dr. Mustari, M.Pd. sekaligus membuka Kuis Peringatan Harkitnas secara resmi. Kemudian dilanjutkan oleh sejarah singkat dan pesan kebangsaan dari Didid Janu Dwiana, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan sekaligus guru mata pelajaran sejarah di SIB. Beliau menyampaikan bahwa semangat kebangkitan nasional harus tetap berkobar di dalam dada para pemuda Indonesia. Selanjutnya, seluruh siswa mempersiapkan diri dan mendengarkan penjelasan mengenai peraturan terkait kuis yang akan diikuti.

Kuis daring HARKITNAS SIB 2020 berlangsung pukul 10.20 – 11.20. Kuis ini diikuti oleh 49 orang peserta yang berasal dari tingkat SD hingga SMA. Kuis diselenggarakan menggunakan aplikasi Quizizz dan ditampilkan secara live dari Zoom dan juga youtube.com. Dengan demikian, seluruh peserta dapat memantau setiap perubahan peringkat dan skor. Beberapa orang guru diminta untuk menjadi pengawas selama kuis online berlangsung. Setelah kuis berakhir pukul 11.20, para guru melakukan rapat untuk menentukan pemenang dilihat dari aspek ketepatan dan kecepatan menjawab. Peserta diinformasikan bahwa juara 1, 2 dan 3 akan diumumkan pukul 15.00 melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Nama Aileen, Aretha, dan Jihad berturut-turut menjadi juara 1, 2, dan 3. Aileen sebagai juara 1 berhak mendapatkan uang senilai 600 Baht, Aretha sebagai juara 2 mendapatkan uang senilai 500 Baht, dan Jihad sebagai juara 3 mendapatkan uang senilai 400 Baht. Ketiga juara juga mendapatkan sertifikat. Hadiah diantarkan oleh para guru pada hari yang sama ke apartemen para juara. Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat kebangkitan nasional dan memberikan pemahaman mengenai perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia. (AI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *