ENAM ORANG SISWA KELAS 9 SEKOLAH INDONESIA BANGKOK LULUS DENGAN NILAI MEMUASKAN

Pada hari Jumat, 5 Juni 2020 SIB mengadakan acara kelulusan bagi siswa kelas 9 SMP. Acara kelulusan ini diselenggarakan secara daring dan diikuti oleh para guru, orang tua, dan siswa kelas 9. Acara ini diadakan untuk mengumumkan kelulusan para siswa dan juga sebagai momen perpisahan dengan para guru bagi yang akan melanjutkan studi di Indonesia. Sebanyak enam orang siswa kelas 9 dinyatakan lulus dengan nilai yang memuaskan untuk seluruh mata pelajaran. Aileen, Alifia, Revito, Reynan, Rifa dan Auzan secara resmi mengakhiri status pelajar SMP dan akan bersiap memasuki jenjang SMA.

Sebelumnya, pada hari Kamis, 4 Juni 2020 seluruh guru mata pelajaran kelas 9 telah melakukan verifikasi nilai bersama Prof. Dr. Mustari, M.Pd. Seluruh siswa kelas 9 yang telah menempuh rangkaian evaluasi diperiksa seluruh aspek-aspek penilaiannya. Mulai dari aspek kognitif (dimensi pengetahuan), afektif (karakter dan sikap), hingga psikomotor (praktek dan kinerja). Rapat penilaian ini berlangsung cukup lama karena poin-poin setiap anak dibahas secara detail. Bahkan, rerata rapor setiap siswa setiap semester diperiksa secara detail per mata pelajaran untuk dijadikan salah satu pertimbangan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga objektifitas penilaian. Sehingga hasil yang didapat benar-benar akurat, sahih, dan dapat dipertanggung jawabkan. Setelah seluruh nilai diverifikasi, maka kelulusan segera ditetapkan dan diumumkan esok harinya.

Acara kelulusan berlangsung khidmat dengan dipenuhi rasa kegembiraan dan kesyukuran. Enam orang siswa kelas 9 dinyatakan lulus dengan disaksikan oleh para orang tua dan para guru. Prof. Dr. Mustari, M.Pd. selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan dan juga Plt. Kepala Sekolah Indonesia Bangkok menyampaikan selamat dan ucapan terima kasih kepada para orang tua dan guru. Karena hanya dengan sinergi yang baik antara guru dan orang tua, siswa akan mendapat pendidikan yang optimal dan bermakna. Ucapan terima kasih juga datang dari Dian Ediono selaku perwakilan dari orang tua siswa kelas 9 dan dilanjutkan dengan Aileen yang mewakili siswa kelas 9 memberikan ungkapan terima kasih kepada para guru dan memohon maaf atas kesalahan yang telah diperbuat.

Acara diakhiri dengan doa bersama dari para guru, siswa, dan orang tua untuk kesuksesan siswa menempuh pendidikan di tingkat selanjutnya lalu ditutup dengan sesi foto bersama secara daring. Semoga di tingkat SMA nanti para siswa menjadi lebih baik, lebih berprestasi, dan memiliki akhlak yang mulia sehingga mengangkat nama baik keluarga, bangsa, dan negara. (AI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *