TIM HUMAS DAN MEDIA SIB MELUNCURKAN FANS PAGE FACEBOOK BARU

Dalam rangka mengenalkan Fans Page Facebook baru, tim humas dan media SIB melakukan peluncuran Fans Page resmi Sekolah Indonesia Bangkok pada hari Selasa, 16 Juni 2020 lalu oleh Prof. Dr. Mustari, M.Pd. selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok di kantor Atdikbud. Turut hadir dalam rangkaian peluncuran tersebut, Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Bangkok, Nur Rohmah Hidayah.

Fanpage Sekolah Indonesia Bangkok yang baru ini akan diisi dengan informasi-informasi terbaru mengenai kegiatan pembelajaran maupun aktifitas lainnya yang melibatkan civitas SIB. Sebelumnya, SIB menggunakan akun Facebook Esielen Krungthep sebagai media publikasi sekolah. Namun, nama tersebut kurang populer di kalangan warganet yang akan menelusuri informasi sekolah. Dengan nama laman baru tersebut, diharapkan informasi yang dibagikan akan mudah dikenali dan dapat dipertanggungjawabkan.

Acara peluncuran diawali dengan pelatihan tentang manajemen media sosial untuk publik bagi guru dan staf. Sebanyak lima orang guru yang tergabung dalam tim humas dan media SIB serta dua orang staf Atdikbud mendapatkan sharing pengalaman dan beberapa protokol dasar dalam memuat berita. Bahasan tentang berita yang sahih (tidak memuat hoaks), mutakhir, ujaran kebencian lewat media, dan hindari konten SARA adalah beberapa hal diantaranya yang dipaparkan.  Materi lainnya yakni etika dan manajemen interaksi dengan publik dalam dunia maya. Dalam beberapa kasus yang dialami, publik sering tidak membaca secara utuh dan cenderung menyampaikan protes atau komplain tidak pada tempatnya. Oleh karenanya tim humas dan media yang menjadi penanggung jawab harus selalu sigap dan tanggap terhadap hal ini karena media resmi adalah muka depan dari suatu institusi. Setelah pemberian materi, Atdikbud, Koordinator Pensosbud, dan para peserta bersama-sama meluncurkan secara resmi Fans Page Sekolah Indonesia Bangkok. Peluncuran ini direkam dalam format video dan dibagikan di Fans Page tersebut.

Semoga dengan Fans Page Sekolah Indonesia Bangkok ini, informasi dapat tersampaikan secara efektif dan efisien. (AI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *