Percantik Sekolah, SIB Adakan Pengecatan Meja Kursi, Pasang Wall Paper dan Karpet di Kelas-kelas

Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) sebagai salah satu dari 14 Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) terus berbenah diri berusaha meningkatkan layanan pendidikan, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Tidak hanya kegiatan belajar mengajarnya, sarana dan prasarananya pun turut dibenahi untuk menciptakan sekolah yang modern, indah, bersih, dan wangi. Untuk mewujudkannya, beberapa langkah telah dilakukan, yaitu dengan membenahi ruang UKS, perpustakaan, dan pengecatan meja kursi, dan lemari. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah kenyamanan belajar siswa, dan secara tidak langsung meningkatkan kualitas pendidikan di SIB.

Untuk melakukan pembenahan ruang UKS dan perpustakaan, pemasangan wall paper di kelas-kelas, serta pengecatan meja kursi lemari, Plt. Kepala Sekolah Prof. Dr. Mustari, M.Pd.  membentuk Tim yang bertugas membuat desain, melakukan pengadaan barang, bila diperlukan, mencari pemborong, dan melakukan pembenahan ruangan-ruangan tersebut sampai selesai.

Ruangan UKS, karena keterbatan ruangan di SIB, digabung dengan ruang UKS, dengan dipisahkan oleh partisi. Peralatan dan isi UKS maupun ruang OSIS diusahakan dilengkapi dengan standar ruang UKS, dan sesuai dengan kebutuhan OSIS. Dinding diberi wall paper, dengan lantai karper rumput, dan meja kursi duduk yang nyaman. Setelah ruang tertata, kelihatan siswa-siswai OSIS keluar masuk ruangan dan kelihatan nyaman melakukan kegiatan di dalamnya.

Ruang perpustakaan dibuat senyaman mungkin dengan meja pendek, karpet rumput, dan karpet duduk yang lembut serta bantal duduk. Ada juga sofa kecil warna-warni yang diharapkan mampu menarik siswa untuk berlama-lama membaca di ruang baca. Wall paper juga dipasang dengan harapan lebih menyemarakkan suasana belajar.

Selain itu, untuk target awal, 5 ruang kelas dipasang wall paper yang disesuaikan dengan tema pelajaran yang diampu guru, ada tema sejarah, agama Islam, tematik, dan Bahasa Inggris.

Selain penataan ruangan, meja, kursi, dan lemari juga dilakukan pengecatan, untuk menutupi memang ada yang sudah karatan, juga ada yang ganti warna untuk mengubah suasana agar lebih hidup sesuai tujuan menciptakan sekolah yang keren.

Adanya pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan SIB untuk terus melakukan pembenahan, dan SIB akan terus berbenah di segala aspek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *