KEMBANGKAN LIFE-SKILL EDUCATION SISWA SIB TERUS AKTIF DAN BERPRESTASI

(Bangkok, 2 November 2020)

Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), sejak adanya lockdown bulan Maret- Juni 2020, menerapkan life-skill curriculum, dimana pada pembelajarannya, siswa diberikan kesempatan dan difasilitasi untuk mengembangkan kecakapn hidup. Hal ini terlihat pada berbagai kegiatan seperti pembuatan batik celup, fashion show, pentas cerita rakyat, dan pemberian kepercayaan kepada siswa untuk menhgorganisir kegiatan, termasuk pemberian tugas rutin tiap pagi pada saat apel, seperti memimpin upacara, membaca doa, memberikan pengumuman, dan giliran menampilkan kegiatan berbahasa Inggris dari masing-masing kelas tiap hari Rabu. Pendidikan Kecakapan Hidup ini terus didengungkan oleh Kepala Sekolah dan Atdikbud KBRI Bangkok di berbagai kesempatan.

            Kegiatan-kegiatan tersebut telah mendorong siswa untuk mengembangkan kecakapan hidup baik dengan mengikuti lomba maupun aktif dengan prestasinya yang lain, seperti Danish dan Nada, siswa kelas 1 SD, dan Aretha, kelas 2, dengan keikutsertaannya pada lomba Gambar Bercerita dalam rangka Kegiatan Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila Sekolah Dasar, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Dasar, di bulan Oktober ini mendapat sertifikat atas partisipasinya. Nada, kelas 1 SD, juga terpilih terpilih membintangi iklan elektronik penghangat susu, Bosch, yang akan melakukan rekaman video minggu depan. Bersama Aretha, kelas 2 SD, Nada juga akan masuk dapur rekaman membawakan 12 lagu dalam Bahasa Indonesia, dan proses rekaman telah selesai, namun masih menunggu editing, karena ada lagu yang kolaborasi.

            Prestasi lain yang dicapai oleh siswa SIB adalah terpilihnya Pandu, kelas 12, dalam kompetisi National Schools Debating Championship (NSDC), dan berlaga bersama 2 siswa SILN Riyadh dan Singapura pada tangal 23-27 Oktober 2020. Dua siswa SIB, Alifia dan Vito, kelas 10, saat ini juga sedang mengikuti Kompetisi Siswa Olahraga Nasional (KOSN) yang diselenggarakan secara virtual oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan telah melakukan rekaman dan mengirimkannya pada tanggal 30 Oktober 2020 dan menunggu pengumuman hasilnya pada pertengahan November.  Contoh lain adalah tampilnya salah satu siswa SIB, yaitu Aileen, kelas 10, yang membawakan lagu rohani dengan syahdu, pada acara Talkshow dalam rangka Peringatan Maulud nabi di KBRI Bangkok pada tanggal 1 November 2020.

            Kegiatan-kegiatan dan prestasi di stas menunjukkan bahwa kurikulum dna pendidikan kecakapan hidup yang diterapak SIB memberikan dampak yang positif dan perlu terus dikembangkan. (AR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *