WAKILI NSDC TINGKAT NASIONAL SISWA SIB GIAT LAKUKAN PERSIAPAN

(Bangkok, 2 November 2020) Setelah lolos mengikuti National Schools Debating Championship (NSDC) tingkat provinsi, Benekditus Rahadian Pandu Paraamartha, bersama dua siswa, Haura Aurelia Arifah Djuansjah dari Sekolah Indonesia Riradh (SIR) dan Livia Sadja Adhyaksana dari Sekolah Indonesia Singapura (SIS), mewakili SILN melakukan persiapan-persiapan untuk menghadapi NSDC tingkat nasional yang diselenggarakan tanggal 23-27 Oktober 2020. Pada lomba yang dilaksanakan secara virual ini, SILN bersaing dengan peserta dari 34 perwakilan provinsi di Indonesia.

Serangkaian kegiatan dilakukan untuk persiapan lomba debat bahasa Inggris ini, baik di sekolah maupun secara virtual dengan SILN lain. Persiapan di sekolah dilakukan sepulang sekolah dengan bimbingan guru bahasa Inggris, Agustina Rahmawati, dengan mempelajari lomba NSDC yang telah dilakukan sebelumnya, pendalaman materi, case building, dan praktik langsung, denga sparing partner yang melibatkan siswa lain. Arahan juga diberikan oleh Kepala Sekolah, Susianto, S.Pd.,M.Si., Atdikbud, Prof. Dr. Mustafa, M.Pd. dan KUAI KBRI Bangkok, Dicky Komar, yang memberikan, materi, tips dan teknik yang bisa dimanfaatkan saat berdebat. Selain itu, SIB juga mengundang native speaker, Tim Cornwall, untuk memberikan coaching selama 3 hari untuk mempersiapkannya.

Dengan SIR dan SIS, persiapan dilakukan secara virtual, 2 minggu sebelum pelaksanaan lomba, diawali dengan pembuatan grup whatsapp untuk mempersiapkan dan sarana komunikasi. Kegiatan virtual dilakukan dengan mendiskusikan metode, strategi,dan praktik langsung berdebat, dengan sparing partner dari SIR, SIS dan SIB secara bergantian. Untuk memperluas wawasan siswa, pada minggu pertama, mosi diberikan sebelum debat, dengan harapan peserta dapat mengumpulkan imformasi sebanyak-banyaknya sebagai bahan untuk debat nanti. Sedangkan di minggu kedua,mosi diberikan secara impromptu, untuk membiasakan peserta menghadapi situasi debat yang sebenarnya. Mosi yang diambil didiskusikan bersama,yang mengambil tema politik, sosial dan pendidikan. Setelah latihan,dilakukan refleksi dan evalusi untuk bekal persiapan debat berikutnya. Untuk memberi semangat para peserta, pada tanggal 14 Oktober 2020, Kepala Sekolah SIR melepas peserta NSDC-LDBI SILN melalui zoom, yang dihadiri,seluruh peserta, guru pembina, dan kepala sekolah dari ketiga sekolah,SILN, sedangkan pembukaan NSDC-LDBIsecara nasional, dilaksanakan oleh puspresnas tanggal 15 Oktober 2020.

Tanggal 23 Oktober 2020 diadakan dummy round, dimana dilakukan seminar, dan latihan debat dengan istilah zero round. Pada tahap ini, SILN melawan Bangka-Belitung dengan mosi “This house would abolish private schools,” dan SILN memenangkannya. Selanjutnya adalah babak penyisihan dimana masing-masing tim melakukan 5 kali debat, dan kemudian diseleksi 16 tim, kemudian diambil 8 tim,lalu semi final dan final. Di hari pertama pelaksanaan lomba, Tim SILN melawan Tim Kalimantan Tengah, dengan mosi “This house prefers a world where sport is treated as a hobby rather than a competitive industry,” dan dimenangkan Kalimantan Tengah. Di hari yang sama sore hari, dengan mosi “This house would break up traditionally political parties in developing democracies SILN melawan Papua dan SILN memenangkannya. Di hari kedua, SILN melawan Sulawesi Tenggara dengan mosi “As a young parent, this house would implement tough love, dan Tim SILN keluar sebagai pemenang, sedangkan di sore harinya, dengan mosi THBT nations with a muslim majority population should normalize relationshipwith Israel,” melawan DIY, dan dimenangkan DIY. Di hari ketiga,  SILN memenangkan debat melawan Tim Gorontalo dengan mosi “As entertainer from minority identity, this house would integrate politices in our and artway.” Skor sampai tahap ini adalah:1 tim dengan 5 kali kemenangan, 5 tim dengan 4 kali kemenangan, 12 tim, salah satunya SILN, dengan 3 kali kemenangan. Dan dari 18 tim ini diambil 16 tim,dan SILN adalah salah satu dari 2 tim dengan 3 kemenangan yang tidak lolos. Dengan tidak lolosnya SILN di oktafinal ini,maka selesailah langkah SILN untuk maju ke babak berikutnya.

Meskipun hanya sampai ke babak penyisihan, para peserta tidak menyesal dan bangga telah turut dalam kompetensi nasional karena banyak ilmu yang diambil, menambah teman, wawasan dan pengalaman. Akhirnya lomba ditutup pada tanggal 27 Oktober 2020 dengan pemenang pertama Tim DKI dan kedua Tim Banten. (AR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *