Setiap kepengurusan suatu organisasi mestilah mengalami pergantian pengurus. Demikian pula dengan organisasi pelajar Indonesia di Thailand atau yang lazim disebut Permitha, pada hari Sabtu, 5 Februari 2022 telah melaksanakan salah satu agenda tahunan, yaitu Musyawarah Besar (Mubes) Permitha dimana kepengurusan tahun 2021/2022 melaporkan segala kegiatannya kepada para anggota dalam suatu forum resmi. Kegiatan Mubes Permitha juga menjadi ruang bagi para anggota Permitha untuk menyampaikan aspirasinya, selain untuk melakukan musyawarah mufakat bagi para anggota Permitha untuk memilih presiden Permitha masa bakti 2022/2023.

Kegiatan yang didukung oleh Atdikbud ini diselenggarakan secara luring dan daring. Tercatat hadir 53 orang peserta dari berbagai Simpul Permitha seperti dari Khon Kaen, Chulalongkorn, Kasetsart, Thammasat, KMUTT, serta beberapa perwakilan kampus seperti Silpakorn dan Mahasarakham. Selain itu, terdapat beberapa peserta yang hadir secara daring baik karena terkendala geografis maupun masih berada di wilayah Indonesia.

Kegiatan yang diadakan secara luring di Gelanggang Olah Raga (GOR) KBRI Bangkok diawali dengan penyelenggaraan tes penapisan (screening) ATK untuk Covid-19 bagi seluruh peserta kegiatan. Hasil dari tes tersebut menyatakan bahwa seluruh peserta tercatat negatif berdasarkan tes ATK berbasis saliva.

Mengusung tema ‘Membangun Pemimpin Pemelajar yang Cerdas, Berkarakter, dan Adaptif’, Musyawarah Besar Permitha 2022 berupaya untuk menjaring pemimpin potensial yang dapat meneruskan estafet kepemimpinan dari kepengurusan Permitha 2021/2022 yang dipimpin oleh Syahril Rahmat. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand, H.E. Rachmat Budiman. Turut hadir pula Wakil Kepala Perwakilan, Sukmo Yuwono, serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Bangkok,  Achmad Wicaksono.

Pada kegiatan Mubes Permitha 2022,Syahril Rahmat selaku presiden Permitha 2021/2022 menyampaikan laporan pertanggungjawabannya kepada para peserta sidang Mubes. Penyampaian laporan ini juga merupakan bentuk evaluasi serta ajang aspirasi bagi peserta agar kepengurusan Permitha selanjutnya dapat berjalan dengan lebih baik. Mubes Permitha 2022 juga menjadi kegiatan puncak penjaringan presiden Permitha 2022/2023. Berdasarkan metode musyawarah mufakat, akhirnya disepakati bahwa kepengurusan Permitha 2022/2023 akan dipimpin oleh Azizzudin Muhammad Nashafi dari King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT).

Di akhir acara, panitia Mubes Permitha 2022 juga menyelenggarakan ajang Permitha Award yang menjadi kegiatan pemberian penghargaan bagi tiga simpul terbaik. Pada tahun 2022 ini, gelar tiga simpul terbaik diraih oleh Simpul Kasetsart, Simpul Chulalongkorn, dan Simpul Khon Kaen. Pemberian penghargaan berupa cinderamata serta sertifikat dari Atdikbud dan panitia menjadi penutup kegiatan Mubes Permitha 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.