Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok kembali membuka Kursus BIPA bagi warga Thailand yang tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia pada tingkat dasar.  Acara pembukaan kursus diadakan pada hari Selasa, tanggal 9 November 2021, sekaligus disampaikan orientasi bagi para peserta kursus yang terdiri dari warga Thailand, yang merupakan staf dan pegawai negeri dari instansi mitra KBRI Bangkok. Jumlah peserta tahun ini mencapai 31 orang. 

Dalam kesempatan ini, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh peminat bahasa Indonesia dan diharapkan para peserta nantinya akan mampu berbahasa Indonesia tingkat dasar dengan baik. Selain belajar Bahasa, mereka juga diharapkan dapat memahami dan menambah pengetahuan tentang budaya Indonesia.

Instansi yang mengirimkan stafnya untuk mengikuti kursus Bahasa Indonesia tahun 2021 ini, antara lain dari Burapha University, Silpakorn University, Thammasat University, Ministry of Higher Education, Science, Research and Innovation, Bangkok University, Office of the Civil Service Commission, Royal Thai Air Force, National Institute of Development Administration (NIDA), Office of the Attorney General, Thai-Nichi Institute of Technology, dan Office of Provincial Public Prosecution.  Seluruh peserta dapat mengikuti kursus ini secara gratis, mendapatkan buku panduan dan pada akhir kursus akan mendapat sertifikat kelulusan program kursus BIPA KBRI Bangkok. Sebagian besar dari peserta sama sekali belum pernah belajar bahasa Indonesia sebelumnya, sehingga ini merupakan kesempatan yang bagus bagi mereka untuk lebih mengenal bahasa Indonesia.  

Pengajar yang akan mengampu kursus terdiri dari para pengajar BIPA lokal yang terpilih dari program penyeleksian pengajar BIPA lokal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang akan mengajar setiap hari Selasa dan Kamis, pada setiap pukul 18.00 hingga pukul 20.00 waktu setempat.   

Seperti halnya tahun lalu, menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19 yang masih belum pulih, pelaksanaan pertemuan kursus tahun 2021 ini dilaksanakan secara daring.  Pelaksaan secara daring ini memiliki kelebihan yaitu dapat menjaring peserta yang berada di luar kota Bangkok. 

Kursus bahasa tahunan yang diselenggarakan oleh KBRI Bangkok ini merupakan program diplomasi budaya Indonesia dalam rangka memperkenalkan tidak hanya Bahasa, tetapi budaya Indonesia yang kita kenal sangat beragam termasuk pariwisata dan kuliner serta keramahan orang Indonesia. Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan yang menjadi penanggungjawab program, menjadikan kursus ini sebagai bagian dari tugas Kantor Atase dalam penguatan kegiatan Pendidikan Bahasa dan Kebudayaan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.